Wednesday, February 9, 2011

Cara Mengganti Icon Address Bar

Lama rasanya gak posting tutorial blogspot, biarpun saya masih newbie tapi dengan modal tetap semangat belajar dan belajar. Learning by doing lah kata orang sono noh, saya akan mencoba ngasih tips maupun trik tentang blogspot untuk kalian khususnya blogger newbie. Oke langsung aja kali ini saya pingin ngasih tips cara ganti icon address bar kita yang biasanya untuk blogspot ada icon dengan icon-icon milik kita sendiri.


pertama anda harus membuat sebuah image terlebih dahulu untuk dijadikan icon / favicon buat blog anda, terserah mau pake apa photoshop bisa, paint bisa, atau software image maker yang lain. Saya sarankan menggunakan photoshop karena biarpun saya gak begitu mahir pake photoshop, tetapi kalo hanya buat icon kecil seperti itu sangatlah mudah dan yang paling penting size dari image anda berukuran 24x24 px atau 32x32 px. Sebenarnya lebih dari itu sih bisa, tapi akan berdampak pada loading process yang memakan waktu lama saat membuka blog anda, jadi nurut aja ya apa kata saya, hehe oke

Oke setelah itu upload image yang anda buat tadi ke imageshack, photobucket atau di tempat biasa anda meng-upload file gambar anda. Setelah ter-upload kita akan melangkah ke langkah berikutnya, disimak baik-baik ya :

  • Log in ke akun blog anda.
  • Klik tata letak >> Edit HTML
  • Centang Expand Template Widget
  • Cari kode </head> atau kalo kesulitan nyarinya ketik aja ctrl+f dan isikan kode </head>.
  • Setelah ketemu taruh script ini 
<link href='http://img708.imageshack.us/img708/7830/favicong.gif' rel='SHORTCUT ICON'/>
  • tepat sebelum kode </head>. Setelah itu simpan template dan lihat hasilnya.

Note: perhatikan kode yang berwarna merah, kode itu adalah hasil upload image saya yang sekarang menjadi favicon blog ini, ganti kode diatas dengan kode yang anda dapat dari hasil upload gambar anda sendiri dan hati-hati dengan tanda (' '), jangan anda rubah atau malah terhapus, karena saat anda "Simpan Template" Blogger tidak akan bisa menyimpannya karena kode HTML-nya kurang sempurna.


Oke itu sekilas saja tentang cara merubah icon / favicon address bar blog kita, semoga bermanfaat.

Thanks For Your Attention.

salam Blogger Indonesia..

1 comments so far

Salam Kenal Mas, Terimakasih tutornya mas, saya coba, saya lg pemula.

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon