Thursday, February 17, 2011

Cara Mudah Download File di 4Shared Menggunakan Opera Mini












Sebenarnya jarang sih saya download file di 4Shared menggunakan browser HP atau Opera Mini, karena seringnya download lewat komputer. Karena saya tahu jika download pake Opera Mini katanya susah karena adanya hitungan mundur sebelum file siap didownload, sedangkan browser Opera Mini sendiri tidak bisa melakukan itu. Memang untuk browser bawaan HP Nokia Symbian (Browser Mozilla) yang saya pakai seperti Nokia 6120c atau Nokia 5730 bisa melakukan hitungan mundur dan nantinya akan ketemu dengan link yang siap diunduh. Tapi tidak dengan Opera Mini.

Sekitar satu bulan yang lalu saya sempat download di 4Shared menggunakan Opera Mini 5. Proses downloadnya tidak terlalu susah sih, karena saya tahu caranya. Begitu muncul hitungan mundur dan berhenti (misal pada 15 detik sudah berhenti), di bawah hitungan mundur tersebut juga terdapat link "klik di sini untuk mengunduh file ini". Jika kita klik langsung terkadang malah kembali lagi hitungan mundur, diklik lagi kembali lagi, susah banget. Ya walaupun ada kalanya kalo lagi beruntung bisa langsung kedownload tanpa harus bolak balik. Waktu itu saya mengakalinya dengan cara menunggu agak lama, sambil saya asumsikan bahwa hitungan mundur itu sedang berjalan sampai dengan nol detik, walau sebenanya kan berhenti di 15 detik tadi. Setelah menunggu beberapa detik tadi baru saya klik pada link "klik di sini untuk mengunduh file ini", dijamin setelah itu file akan langsung terdownload tanpa bolak balik.

Nah, itukan dulu. Sekarang ada yang lain pada 4Shared saat kita sedang download file. Ketika kita mengunduh file dan hitungan mundur pun dimulai, ternyata di bawah hitungan mundur tidak terdapat lagi link "klik di sini untuk mengunduh file". Sementara itu hitungan berhenti, jika kita lakukan reload page, maka akan kembali lagi ke hitungan awal, dan begitu seterusnya. Hal itu membuat saya penasaran dan langsung mengunjungi Om Google untuk bertanya, dan akhirnya ketemu juga caranya. Saya menemukan ada 2 cara yang digunakan, tapi setelah saya praktekkan yang berhasil cuma cara di bawah ini:

1. Buka browser Opera Mini, di sini saya menggunakan Opera Mini 5 berbahasa Indonesia, dan masuk ke situs 4Shared. Secara otomatis halaman 4Shared akan ditampilkan dalam mobile version.
2. Cari file yang ingin Anda download pada bar pencarian
3. Pilih salah satu dari hasil pencarian dengan mengkliknya, maka proses download pun dimulai dengan hitungan mundur dan berhenti misal pada detik ke 18




















4. Pilih menu (left soft key) kemudian pilih ubah (klik tengah)





































5. Kemudian pilih lagi kunjungi (klik tengah), maka halaman pun akan direload kembali tetapi bukan dari awal hitungan melainkan melanjutkan hitungan yang terhenti tadi. Di sini saya mendapatkan waktu mundur ke detik 15.




















6. Lakukan lagi cara no.4 di atas berulang-ulang hingga waktu mundur terus berjalan dan akhirnya sampai muncul link "klik di sini untuk mengunduh file ini". Klik link maka file akan segera didownload dan disimpan ke dalam HP Anda.





































Nah, begitulah caranya, memang sih cara ini agak memakan pulsa Anda karena harus reload berulang-ulang, tapi setidaknya file yang Anda cari bisa didownload menggunakan Opera Mini.

Update 22 Desember 2010

Ternyata ada cara yang paling mudah untuk download di 4shared lewat Opera Mini. Cara ini dijamin tidak ribet dan tidak ada waktu tunggu (hitungan mundur). Langsung saja kunjungi www.4sharedsearch.tk.

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon