Saturday, April 23, 2016

Bel Cerdas Cermat 3, 4, 5, dan 6 Regu (Quiz Master)

Sumber: http://www.klikfatah.com/2013/11/bell-cerdas-cermat-3-4-5-dan-6-regu_12.html

Salam tebar ilmu yang bermanfaat. Beberapa hari yang lalu aku diberi tugas oleh Kepala Sekolah membuat Bell Cerdas Cermat untuk lomba-lomba pada acara Tahun Baru Islam (Mukharam). Dasar penugasan ini karena aku hoby elektronika. Karena belum pernah membuat sebelumnya, aku cari-cari di internet cara membuatnya (skemanya). Ketemu, tapi ribet, setelah dicoba dirakit, ga jadi, bongkar lagi, dan dirakit lagi, dua hari baru bisa sesuai harapan, itupun kebanyakan rellay. Membuat yang 3 group saja perlu 7 rellay. Parahnya lagi harus pakai Rellay yang AC, kan mahal, carinya susah lagi. Di sini harganya Rp 50.000 per item, kalau yg DC mulai Rp 15.000 s.d Rp 25.000 tergantung merk. Prinsipnya 1 “ON” lainnya “OFF”.

Saking pusingnya, aku minta bantuan istri untuk main logika rellay. Awalnya ga mudeng, karena jurusan matematika, tp akhirnya bisa walaupun dikit. Sampai-sampai setiap shalat lima waktu aku berdoa “Yaa Allah Maha pemilik Ilmu, berilah aku sedikit ilmu-Mu untuk memahami logika rellay (dlm jumlah banyak, kalau 1 atau 2 tau aja). Akhirnya setelah shalat maghrib (besok acara lombanya) bellnya jadi, sujud sukurlah aku, terima kasih ceritanya.

Pagi hari lomba dilaksanakan, dan berhasil. Tp repotnya, regunya ada 4, tp saklar bellnya hanya untuk 3 group. Terpaksa deh soal di pecah-pecah lagi agar sesuai dengan saklar bellnya. Karena rencananya untuk 4 group. Siangnya lomba bisa dilaksanakan dengan baik.

Selesai lomba, ku bawa lagi rangkaian bellnya, serta bilang ke Kepala Sekolah kalau mau disempurnakan lagi dan ditambah lagi menjadi 5 – 6 group. Setelah di rumah, ku bongkar, lepasi semua kabel-kabelnya. Ku pahami jalur-jalurnya sampai akhirnya benar-benar paham. Ooooo ternyata begitu aja....

Singkat cerita, karena dah paham, ku coba membuat skema yang 4 group. Jadi, coba ku tambahi jadi 5 group, jadi juga. Sampai akhirnya ku buat yang 6 group. Ternyata mudah, ga serumit awalnya. Aku mencoba membuat skema dari mulai yang terkecil yaitu dari 3 group, 4 group, 5 dan 6 group.

Akhirnya bell cerdas cermat yang 6 group pesanan Kepala Sekolah ku rakit. Jadi. Merangkai yang 6 group ga sampai 3 jam, tapi ketika merangkai 3 group saat belum begitu paham, lamanya sampai 2 hari (sampai malam pun dikerjakan).

Bagi temen-temen yang mau membuat bell cerdas cermat, di bawah ini ada skema rangkaian bell cerdas cermat karya saya (murni). Menurutku, ini lebih mudah dan hemat dibandingkan dengan skema sejenis yang ada di internet. Contonya, untuk yang 6 group, skema yang ku buat hemat 4 rellay, hanya perlu 14 rellay, jadi lebih murah dalam membuatnya.

Keunggulan Skema Bell Cerdas Cermat ini:
1. Murah. Rellay yang digunakan adalah rellay DC 12 Volt yang banyak di jual di pasaran, harganya murah.
2. Aman. Menggunakan Tegangan 12 Volt sehingga aman ketika merakit atau memperbaiki(copot sana sini, tapi power tetap "ON"). Bagi yang takut tersengat listrik, ini solusinya.
3. Bisa menggunakan variasi lampu-lampu hias motor atau kreatifitas kita yang bertegangan 12 Volt.
4. Bisa menggunakan variasi Bell yang ada di pasaran (sirine motor, sirine sepeda,sirine polisi, klakson motor/mobil, dll) karena bertegangan 12 Volt.
5. Bisa menggunakan Aki (Accu) jika listrik mati (khusus daerah yang sering mati listrik).

Berkut ini skema rangkaiannya. Dari 3 group sampai 6 group. Kalau mau nambah, silahkan main logika sendiri. Bayak sedikitnya rellay ikuti skema. Dan yang pasti perlu rangkaian adaptor 12 Volt. Kalau bisa minimal 2 Ampere, kalau 1 Ampere, rellainya ga bergerak. Mudah kok...

Skema Bell Cerdas Cermat 3 Group
















Skema Bell Cerdas Cermat 4 Group



Skema Bell Cerdas Cermat 5 Group



Skema Bell Cerdas Cermat 6 Group



Selamat mencoba, jika ada yang perlu ditanyakan bisa hub ane di klik.fatah@gmail.com. Boleh KOPAS.

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon