Tuesday, February 15, 2011

Membuat Widget Berlangganan Artikel di Blog

Berlangganan artikel atau sering disebut dengan Subscribe merupakan fitur layanan kepada pengunjung agar bisa mengikuti perkembangan juga pembaharuan yang terjadi pada suatu blog. Berupa pemberitahuan adanya postingan terbaru dengan mengirimkan kepada e-mail si pelanggan. Layanan ini lumayan penting buat pengunjung yang ingin mendapatkan informasi terkini dari blog tersebut apalagi kalau blog tersebut berisi tentang tutorial, tips dan trik yang mereka minati. Misalnya blog yang menyediakan tutorial, tips dan trik ngeblog maupun bisnis online. Berlangganan artikel ini sangat di sarankan bagi yang masih newbie atau disebut juga orang yang baru menceburi dunia perbloggeran, karena ia akan mengikuti terus tutorial, tips & triks untuk sukses di dunia blogger, dan tidak tertutup juga untuk orang yang telah lama di dunia perbloggeran.

Fitur ini selain menguntungkan pelanggan, juga menguntungkan bagi penyedia layanan. Mengapa saya katakan demikian ? sebagai contoh : kita ambil lagi blog yang memberikan tutorial, tips dan triks ngeblog. Jika ada yang berlangganan artikel, maka setiap kali melakukan postingan, maka postingan itu akan terkirim ke e-mail pelanggan dan otomatis ia akan membuka dan menuju postingan tersebut, dan itu merupakan keuntungan bagi penyedia layanan karena mendapatkan traffic guna meningkatkan page rank maupun kepopuleran suatu blog.

Setelah kita membaca panjang lebar pengertian dan maksud untuk membuat fitur berlangganan artikel tersebut, mungkin anda sudah tidak sabar lagi untuk langsung mempraktekkannya. Seperti biasa baca, pahami secara serius dan langsung praktekkan apa yang di berikan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Kunjungi situs http://www.feedburner.com

2. Jika anda belum mempunyai acount feedburner silakan daftar terlebih dahulu, dan bagi yang telah memiliki acount feedburner silakan login dengan username dan pasword anda, maka anda akan dibawa ke halaman berikut :



3. Masukkan url blog kamu pada kolom dibawah bacaan "Burn a feed right this instant" kemudian klik "Next" dan anda akan dibawa ke halaman berikutnya. Biarkan di posisi tersebut kemudian klik "Next" --> "Next" lagi ----> hingga muncul gambar seperti dibawah ini :


4. Pilih "Publicize" kemudian klik "Email Subscriptions"

5. Copy  kode htmlnya pada blog anda

6. Klik "Activate" --->> "Save"

1 comments so far

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon