Wednesday, January 19, 2011

Mengganti Icon Bloger di Address Bar


Bukannya ga tahu terimakasih pada blogger yang telah nyediain buat para bloggernya layanan gratis blog ini, tapi perubahan pada blogger yang nyampe derajat extreem itulah yang disukai para web (blog) master gratisan ;-) Berbeda dengan layanan blog lainnya yang kadang banyak batasan; ini ga boleh, itu dilarang. Tapi blogger sepertinya segalanya serba okeh. Apapun kebebasan berekspresi dengan mengubah tampilan bahkan logo tetap saja nama blogspot bersanding dengan nama para bloggernya kecuali kalo numpang di freedomain.co.nr. Salah satu ekspresi itu emang udah cukup lama dikenal para blogger yaitu mengganti icon blogger seperti gambar di samping ini dengan icon bikinan kita sendiri tapi bagi pendatang baru hal ini barang baru. Di bawah ini saya buat tips gimana cara mengubah icon blogger dengan icon bikinan kita sendiri.

Pertama, buat dulu icon pribadi Anda di adobe photoshop untuk tampil di address bar. Icon tersebut berukuran 0.42 x 0.42 cm atau agak besaran dikit 0.71 x 0.71 cm jadikan formatnya CompuServe atau GIF biar ukuran gambarnya kecil di bawah 2kb tapi JPG juga ga apa2.

Kedua, upload icon Anda ke salah satu server photo gratisan semisal photobucket, picasa, atau servimg bisa juga nyimpan di googlepages (pake aja yang photobucket karna lebih gampang). Hingga menjadi Direct links - Image url, dengan kata lain kita punya alamat icon pada salah satu server di atas. Contoh untuk icon saya di samping kotak alamat dengan URL di photobucket http://i1201.photobucket.com/albums/bb352/aatmtns/kekaishiad.gif

Ketiga, copy kode di bawah ini,

<link href='http://i1201.photobucket.com/albums/bb352/aatmtns/kekaishiad.gif' rel='icon' type='image/gif'/>

(ganti image url saya dengan image url Anda) Simpan kode tersebut di edit html blog Anda simpan di atas <b:skin><![CDATA[/* Klik SAVE. Lihat blog Anda! (agar lebih mudah tekan ctrl +f )

Selamat mencoba!

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon