Tuesday, January 25, 2011

Bagaimana cara memberi rainbow effect (efek pelangi) pada link

Pada setiap template blog memiliki bentuk tampilan link (tautan) yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan bentuk garis bawah (underline), warna, ada pula yang menggunakan bentuk perubahan huruf. Setiap kali kita ingin mengubah bentuk warna atau huruf dari link tersebut, kita akan direpotkan dengan pencarian letak dimana kode link untuk title, posting, comments, widget, dan footer, tersebut berada. Ini cukup memakan waktu, bahkan bagi mereka yang belum faham betul “bahasa” HTML akan berakibat fatal, yaitu rusaknya template. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk mengubah bentuk tampilan warna pada link hover ini . Tapi sebelumnya akan dijelaskan dahulu mengenai bentuk tampilan link, khawatir para blogger pemula belum mengerti.

Ada tiga bentuk tampilan link yang biasa terdapat pada script HTML template blog, yaitu: link active, link visited dan link hover.
  • Link active, adalah bentuk tampilan link ke suatu URL tertentu yang masih belum diklik untuk dikunjungi.
  • Link visited, adalah bentuk tampilan link yang sudah diklik untuk dikunjungi. Link ini akan kembali ke bentuk active jika kamu menghapus riwayat (history) pada internet explorer, atau jika kamu membuka situsnya di komputer lain.
  • Link hover, adalah bentuk tampilan link apabila didekati oleh mouse pointer.

Bagaimana cara memberi rainbow effect (efek pelangi) pada link hover, supaya link pada blog akan terlihat berwarna-warni, apabila didekati oleh mouse pointer. Untuk memberi efek pelangi pada link hover ini sebenarnya cukup mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Kopi script berikut :

<script src='http://sites.google.com/site/ruangsc/enes/rainbowlink.js'/>

  • Kemudian Login ke blogger.
  • Dari halaman Dashboard klik Tata Letak dan pilih Edit HTML.
  • Letakkan script tadi (yang sudah dikopi) di bawah <head> (sebaiknya di bawah <title><data:blog.pageTitle/></title>), yang letaknya ada di barisan awal script.
  • Kemudian di save.

Untuk melihat hasilnya, buka blog dan dekatkan mouse pointer ke kata/kalimat yang memakai link.
semoga berhasil.

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon