Monday, August 27, 2012

Cara Mudah Membuat Related Post Dengan LinkWithin

related post widget
(Tutorial Lengkap Cara Membuat dan Trik Kostumisasi Widget LinkWithin Related Post with Thumbnails')

Sudah beberapa lama ini saya menggunakan widget LinkWithin dan hasilnya cukup lumayan sebagai salah satu upaya untuk membuat pengunjung bisa melihat-lihat lagi halaman yang lainnya, sehingga meningkatkan jumlah pageview & cukup lumayan untuk menyumbangkan sejumlah traffic. Bisa dibilang LinkWithin adalah tool navigasi eksternal yang cukup keren. Halaman-halaman lama yang jarang tersentuh pun bisa dioptimalkan lagi dengan penggunaan fitur ini. Selain itu, widget ini juga menggunakan thumbnail yang bisa meningkatkan daya tarik. Tampilannya pun lumayan. Linkwithin melakukan generating gambar dari page yang dimuat, atau jika tidak ada gambar dalam halaman tersebut, LinkWithin akan menampilkan gambar dasar berwarna abu-abu dan sedikit bertekstur. Sistem yang digunakan adalah randoming content, jadi semi random, namun tetap melakukan upaya persamaan konteks melalui judul, tag, atau label. Sehingga ketika page di load, dibutuhkan waktu untuk tool ini merayap dan menampilkan hasilnya. Tapi tidak cukup lama kok. Lagi pula tidak ada apa-apanya dibanding hasilnya. So, what are the ways to use it?

Cara Mendapatkan Widget
1. Go to LinkWithin.
2. Setelah masuk halamannya, lihat ke bagian kanan bawah dimana disitu terdapat kolom isian untuk mendapatkan widgetnya.
3. Masukkan valid email.
4. Isikan url blog/website.
5. Pilih Platform blog anda (ini digunakan untuk memasukkan secara otomatis melalui dashboard/admin page blog).
6. Pilih jumlah link/stories yang ingin anda tampilkan, sesuaikan dengan lebar post body di blog.(pilih melalui dropdown menu di kolom Width)
7. Centang "My blog has light text on a dark background" jika latar tampilan blog anda berwarna gelap.
8. Klik 'GetWidget!'.
9. Anda akan masuk ke halaman selanjutnya dan dibimbing untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan platform blog.
10. Setelah masuk ke halaman widget editor/page element di dashboard, tarik widget ke bawah post body jika ingin ditampilkan di bawah post body, save dan check hasilnya.
Contoh tampilannya seperti ini:



http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-related-post-linkwithin.html

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon