Saturday, June 30, 2012

Legenda Rongga di Dalam Bumi (Hollow Earth) part2

Cyrus Teed dan Hollow Earth.

Cyrus Reed Teed, seorang herbalis dan alkemis, mengaku kl ia mendapatkan penglihatan mengenai seorang wanita yg memberitahukan kepadanya kl ia berasal dari dlm rongga di dlm perut bumi. Penglihatan ini cukup mempengaruhi hidup Teed. Empat puluh tahun berikutnya, ia mempromosikan ide ini ke seluruh dunia. Bahkan ia mendirikan sebuah sekte bernama Koreshans yg pengajarannya berkisar kpd dunia Hollow Earth. Tidak sampai disitu, Teed kemudian memperkenalkan modifikasi baru dr teori hollow earth yg srg disebut Concave Sphere. Menurutnya, KITA-lah yg sdg hidup di dlm rongga bumi. Jadi, ada manusia lain yg hidup di dunia atas.

Tidak Ada Lubang di Kutub.

Pada awal abad ke-20, transportasi sgt minim. Wilayah kutub belum terjelajahi dgn sepenuhnya. Krn itu, tentu saja teori Hollow Earth akan menjadi sgt susah dibantah.Tapi, semuanya berubah ketika penerbang Richard E.Byrd (1888-1957) berhasil melakukan penerbangan melintasi kutub utara dan selatan. Ia tidak menemukan adanya lubang raksasa seperti yg dipercaya para penganut teori Hollow earth. Pada abad 20. kutub utara dan selatan bkn lagi wilayah yg misterius. Transportasi yg lebih maju dan satelit yg scr teratur menghasilkan citra bumi dr luar angkasa sebenarnya sdh bisa menjelaskan kalau di kutub utara dan selatan, tidak terdapat lubang menuju Hollow Earth.

Hollow Earth dan UFO.

Walaupun begitu, teori ini masih saja menarik perhatian banyak orang. Bahkan, mereka mulai mengaitkannya dengan fenomena UFO. Contohnya Ernst Zundel yang menulis buku berjudul UFO-Nazi's Secret Weapon? Ia mengklaim kalau Hitler dan batalyon terakhirnya berhasil lari ke Argentina dengan sebuah kapal selam, lalu mendirikan sebuah markas untuk piring terbang di sebuah lubang di kutub selatan yg mengarah ke dlm perut bumi. Zundel juga percaya kl Nazi berasal dr ras terpisah yg berasal dr dlm perut bumi. Sepertinya Zundel memiliki pandangan yang sama dengan Hitler. Pandangan ini mungkin muncul karena pada tahun 1940an, Hitler yg menjadi sgt tertarik dgn ide mengenai Hollow Earth disebut pernah mengirim ekspedisi menuju Rugen, salah satu pulau di Baltic, walaupun tidak membawa hasil. Ray Palmer adalah penulis lain yang mengkaitkan antara Hollow earth dengan piring terbang. Pada tahun 1940an, bersama Richard Shaver, ia berspekulasi: 'Karena UFO sering terlihat di langit bumi sepanjang sejarah, maka pastilah UFO- UFO tersebut berasal dari bumi'. Jadi, menurut mereka, UFO tersebut sebenarnya berasal dari dlm perut bumi yg berongga. Shaver bahkan mengaku pnh tinggal bersama orang-orang dr dlm perut bumi. Pandangan ini membuat keduanya dikenal sebagai bapak gerakan ufology modern. Tentu saja teori ini akan sgt sulit dibuktikan. Tetapi,tetap saja banyak orang lain yg masih percaya adanya rongga di dlm perut bumi. Beberapa bahkan mengaku pernah masuk kedalamnya. Ada yg bilang kl mereka mencapai rongga di dlm perut bumi lewat gua-gua purba atau lubang pertambangan kuno. Ada lagi yg berteori kl segitiga bermuda adalah jalan masuk menuju rongga di dlm perut bumi. Sebagian percaya kl pintu masuk yg sebenarnya bukan diwilayah kutub, melainkan di wilayah lainnya didunia seperti Gunung Shasta diCalifornia,Gua Mammoth di Kentucky atau pegunungan Himalaya di Tibet. Pada tahun 1993, Katharina Wilson menulis sebuah buku berjudul The Alien Jigsaw. Dlm bukunya, ia menceritakan mengenai pengalamannya diculik oleh alien dan dibawa ke dunia bawah tanah. Buku serupa juga pernah ditulis tahun 1995 oleh Timothy Good yang menceritakan pengalamannya dibawa ke markas UFO di dlm tanah. Ketika Halley dan Euler merumuskan teori Hollow Earth, tidak ada yg menganggapnya mengada-ngada. Soalnya, para ilmuwan itu hidup di abad ke-17 dimana ilmu pengetahuan mengenai struktur bumi belum sempurna. Lagipula, banyak wilayah bumi yg belum terjelajahi. Tapi, ketika sains modern mulai berkembang, kitapun tahu kl bumi ini tidak berongga.

Struktur Bumi yang Sebenarnya Bagaimana kita bisa yakin kl bumi ini tidak berongga? Ada beberapa argumen, misalnya, walaupun kita tidak pernah melihat isi perut bumi, nmn kita bisa "melihatnya" dgn menggunakan vibrasi (umumnya lewat gempa bumi) yg bergerak dari ujung bumi yg satu ke yg lain. Dgn menggunakan metode ini, para geologis bisa menggambarkan kondisi struktur bumi yg sebenarnya. Dari sini kita tahu kalau bumi ini memiliki inti dan kerak bumi, tanpa rongga tentu saja. Jika bumi ini berongga, maka ia akan memberikan hasil yg berbeda dlm pengamatan seismik.Lalu, kita juga tahu kl di bawah kerak bumi, terdapat batu-batuan panas cair yg bernama magma. Ini bisa terjadi krn suhu akan menjadi semakin tinggi sesuai dgn kedalaman. Pada kedalaman sekitar 100 kilometer, suhu di dlm perut bumi diperkirakan sebesar 1.200°C. Magma ini bisa keluar menuju permukaan bumi lewat gunung-gunung api di seluruh dunia. Magma yg keluar dari perut bumi disebut dgn Lava. Kl ada rongga di dlm perut bumi, Bagaimana menjelaskan pengaruh suhu yang tinggi ini terhadap rongga tersebut? Struktur bumi yg kita kenal sekarang jg terlihat ketika manusia membuat lubang ke dlm perut bumi. Lubang terdalam yg dibuat oleh manusia saat ini adalah lubang yg terdapat di Sovyet. Dalamnya 12,3 kilometer. Sampai sejauh ini apa yg diamati dr pengeboran itu msh sesuai dgn ilmu geologi yg dikenal saat ini.
Jadi, kita tidak pernah menemukan lubang raksasa di kutub. Kita juga tidak punya bukti kalau bumi ini berongga dan ada matahari yang menyertainya. Sekarang, bahkan dgn mudah kita dapat mengakses google earth dn melihat dunia.

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon