Gunung-gunung dengan letusan paling berbahaya di Dunia

Posted by Labels: at
Di dunia banyak gunung/pegununngan  yang tinggi menjulang. Sebagiannya adalah gunung aktif. Dan dari gunung-gunung yang aktif tersebut, ada 10 gunung yang memiliki daya letus yang dahsyat. Berikut daftar gunung dengan letusan terhebat.
10. Gunung Mauna Loa, Hawaii
Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di dunia (volume dan daerah), dengan volume lava mencapai sekitar 18.000 mil kubik. Mauna Loa adalah salah satu dari lima gunung yang membentuk Pulau Hawaii. Meskipun Mauna Loa bukanlah gunung tertinggi, tetapi letusan termasuk yang paling berbahaya, hal ini karena isi dari lava gunung ini terdiri banyak cairan yang dapat menyebabkan kebakaran yang serius. Gunung ini terakhir meletus pada tanggal 15 April 1984.
9. Gunung Taal, Philipina
Gunung Taal adalah sebuah komplek gunung berapi di pulau Luzon di Filipina. Gunung ini berada di tengah Danau Taal, yang terletak di dalam kaldera terbentuk oleh letusan sebelumnya yang sangat kuat (proses ini mirip dengan danau Toba). Gunung Taal terletak sekitar 50 km (31 mil) dari ibukota, Manila. Gunung ini telah meletus hebat beberapa kali, salah satu letusan adalah yang terkuat pada tahun 1991 yang menewaskan lebih dari seribu jiwa.
8. Gunung Ulawun, Papua New Guinea
Ulawun adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Papua New Guinea dan salah satu yang paling berbahaya. Gunung ini pernah meletus beberapa kali, salah satu letusan terkuat adalah pada tahun 1980, di mana Ulawun keluar abu sampai 60.000 kaki tingginya dan menghasilkan gelombang piroklastik yang menyapu semua sisi gunung.
7. Gunung Nyiragongo, Kongo
Nyiragongo adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Afrika, gunung ini selalu mennampakkan aktivitasnya secara signifikan. Sejak 1882, ia telah meletus sedikitnya 34 kali. Salah satu letusan terhebat adalah 17 September 2002, ketika lava mengalir menuruni lereng Nyiragongo dan menutupi sekitar 40% dari kota Goma hingga menyebabkan hampir 120.000 orang kehilangan tempat tinggal.
6. Gunung Merapi, Indonesia
Adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Merapi telah aktif sejak 10.000 tahun yang lalu. Sebagian besar letusan Gunung Merapi yang melibatkan runtuhnya kubah. Dan kadang-kadang sering disertai oleh awan panas yang masyarakat setempat menyebutnya dengan Wedhus Gembel, yang menuruni gunung dengan kecepatan menakjubkan, 120 km per jam!
5. Gunung Galeras, Kolombia
Gunung ini telah aktif selama setidaknya satu juta tahun. Terletak dekat perbatasan Kolombia dengan Ekuador selatan. Gunung ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Kolombia. Gunung ini telah meletus hampir setiap tahun sejak tahun 2000. Hal ini berbahaya karena frekuensi letusan tak terduga. Ini akan memicu keluarnya lava panas yang mengancam pemukiman yang hanya berjarak 3,5 kmdi lereng Gunung Galeras. Letusan terakhir adalah pada tanggal 3 Januari 2010, dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi 8.000 orang.
4. Gunung Sakurajima, Jepang
Adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Jepang. Gunung ini terletak di Pulau Kyushu, Jepang. Intensitas letusan adalah salah satu yang tertinggi di Jepang dan bahkan dunia. Tercatat Sakurajiman telah meletus 7300 kali dalam 45 tahun terakhir. Salah satu letusan mengerikan terjadi pada 10 Maret 2009 di mana gunung tersebut melemparkan batu dan komposisi gunung lainnya sejauh dua mil.
3. Gunung Tambora, Indonesia
Adalah gunung strato aktif yang terletak di Pulau Sumbawa. Aktifitas gunung ini amatlah jarang, namun berdasarkan catatan sejarah, sekali meletus gunung ini memberikan kejutan yang luarbiasa.
Tambora meletus dengan dahsyat pada tahun 1815, setelah sebelumnya beristirahat selama beberapa abad. Tumbuh-tumbuhan disekitar pulau hancur. Letusannya terdengar sejauh 2.600 km, dan abunya jatuh setidaknya sejauh 1.300 km. Kegelapan terlihat sejauh 600 km dari puncak gunung selama lebih dari dua hari. Aliran piroklastik menyebar setidaknya 20 km dari puncak.
Pengaruh ledakan terasa ke seluruh penjuru dunia. Iklim global menyimpang, akibatnya bumi bagian utara merasakan tahun ‘tanpa musim panas’, hingga memicu kegagalan panen di beberapa negara. Perubahan iklim ini juga diduga memicu mewabahnya penyakit Tifus. Letusan Tambora diperkirakan menyebabkan 10.000 orang tewas, dan 48.000 orang tewas akibat kelaparan, 10.000 orang tewas akibat penyakit.
2. Gunung Vesuvius, Italia
Adalah gunung berapi strato di Teluk Napoli, Italia, sekitar 9 mil sebelah timur Napoli. Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi di daratan Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir. Gunung ini terkenal karena letusannya yang menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Pompeii dan Herculaneum. Gunung ini bisa meletus setiap saat, dan ada sekitar 3 juta orang yang tinggal di sekitar gunung berapi Vesuvius. Semburan lavanya dapat membumbung sangat tinggi, bahkan pada tanggal 22 Maret 1994, tinggi semburan lava mencapai 1.000 meter.
1. Gunung Krakatau, Indonesia
Adalah gunung yang terletak di Selat Sunda. Krakatau adalah gunung yang letusan mempengaruhi temperatur bumi. Letusan Krakatau Purba juga menyebabkan kurangnya populasi manusia secara signifikan, dan diduga merubah peradaban-peradaban besar kala itu, seperti Romawi, Persia hingga Arab.
Tahun 1883 Krakatau meletus setelah tertidur selama 200 tahun. Ledakannya adalah yang paling besar, suaranya paling keras dan peristiwa vulkanik yang paling meluluhlantakkan dalam sejarah manusia modern. Suara letusannya terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan dan bahkan dapat didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara, jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru. Menewaskan 36.417 orang yang berasal dari Merak hingga Kerawang. Menimbulkan gelombang Tsunami hebat yang merambat hingga ke pantai Hawaii, Pantai barat Amerika Tengah, dan Semenanjung Arab.

sumber : http://tempatngilmu.blogspot.com/2011/11/10-daftar-gunung-paling-berbahaya.html
Post a Comment
Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "

Followers

Arsip Blog


Ingin tau cara membuat iklan melayang seperti ini, silahkan klik
Back to Top