Saturday, April 9, 2011

Tiga Hal yang Harus Diketahui Mengenai Diabetes Terkontrol

Kebanyakan penderita diabetes (kencing manis) tidak mendengar apa yang telah diedukasikan oleh dokter mengenai hal penting apa saja yang berguna untuk pengontrolan diabetes mereka. Ada tiga hal penting yang harus diketahui dalam perawatan diabetes, yakni memonitor gula darah secara rutin, merencanakan mengkonsumsi makanan layak/tepat untuk diabetes, dan latihan (exercise). Penjelasan dari ketiganya ialah sebagai berikut:

Memonitor Gula Darah
Kadar gula darah harus dikontrol baik secara mandiri (dengan alat pengukur kadar gula darah) maupun datang ke tenaga medis. Kadar gula darah sebaiknya dikontrol secara teratur setiap satu atau dua minggu. Waspadai kadar gula darah di atas 140 mg/dl, hubungi dokter sesegera mungkin apabila kadar gula darah kita memang di atas angka itu.

Merencanakan Makanan yang Tepat
Pasien dengan diabetes pada dasarnya harus mencegah/mengurangi sedikit mungkin memakan-makanan yang berasa manis. Namun, untuk rekomendasi, benar-benar mencegah makanan manis adalah lebih baik. Selain itu, memakan/meminum apapun (terutama yang manis) dalam jumlah banyak apalagi dengan frekuensi sering juga tidak disarankan karena akan mengakibatkan kelebihan kadar gula darah yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Makanan yang tepat untuk penderita diabetes ialah nasi merah, sereal, nasi jagung, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan (yang terlalu manis tidak dianjurkan), daging, dan ikan. Semua jenis makanan itu harus "tepat jumlah" dalam artian tidak boleh berlebihan, secukupnya saja (atau sesuai rekomendasi dokter). Beras, baik dalam bentuk nasi maupun bubur juga harus dikurangi karena memiliki karbohidrat yang tinggi, yang dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh. Mengenai minum, penderita diabetes sangat disarankan banyak minum air putih, tetapi sedikit minum susu (rendah lemak) dan yogurt.

Latihan (Olahraga)
Penderita diabetes, selain mempunyai riwayat memakan makanan berkadar gula tinggi, juga kerap memiliki riwayat jarang berolahraga/beraktivitas cukup untuk membakar timbunan energi berlebih yang bersemayam dalam tubuh. Oleh karena itu, beraktivitas fisik secara teratur seperti jalan santai ataupun jogging sangat disarankan untuk penderita diabetes. Olahraga yang berat tidak direkomendasikan apalagi untuk penderita diabetes yang telah mempunyai komplikasi penyakit lain.

http://terselubungsekali.blogspot

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon