Tuesday, March 22, 2011

Belajar Buat Blog Lewat Blogger

Hal pertama yang temen pertimbangkan sebelum mendaftarkan diri ke Blogger.com adalah apa teman punya alamat email? Untuk keperluan menciptakan blog, Kita wajib punya email. yang belum punya email bisa daftar di Yahoo.com atau Gmail.com, teman yang sudah punya akun email Gmail juga bisa langsung digunakan "pintu masuk" untuk semua produk Google, termasuk Blogger.com.


Langkah-langkah membuat Blog di Blogger.com :

1. Buka alamat http://www.blogger.com

2. Klik link yang berupa gambar panah bertuliskan "CIPTAKAN BLOG ANDA SEKARANG"


3. Ciptakan sebuah akun Google
Halaman ini berisi formulir pendaftaran yang mseti di isi untuk mendapatkan akun Google, Isi semua yang  tersedia di halaman ini.

 


Masukan alamt email di bagian "Alamat Email". Nantinya alat email ini akan digunakan saat masuk log (log in) ke Blogger.com. Email yang dimasukkan disini mestinya adalah emeil yang masih berlaku, karena setelah semua prosedur pendaftaran nya selesai, pihak Blogger.com akan mengirimkan email konfirmasi yang mengharuskan kita untuk membaca dan membuka link yang ada di dalamnya.

Masukkan kata sandi di bagian "Masukan sebuah Paswword" kata sandi harus tak lebih pendek dari 8 huruf, bisa berupa gabungan huruf atau angka. Gunakan kata sandi yang mudah diingat ya teman,.,,.,

Sekali lagi masukan kata sandi yang sama di bagian "Ketik Ulanh Sandi". Ini sekedar bahwa teman-teman menuliskan secara sadar dan benar saat menuliskan kata sandi pada kolom sebelumnya.

Pada kolom "Nama Tampilan" isikan dengan nama. Nantinya nama akan muncul dibagian bawah pastingan teman-teman sebagai penenda siapa yang menulis postingan di blog.

Di kolom "verivikasi Kata", Isikan dengan huruf-huruf yang tampil disampingnya. Cukup kita ketik ulang huruf yang ditampilkan.

Pada kolom paling bawah ( "Penerimaan Persyaratan" ) centang kotak di depan tulisan "saya Menerima Persyaratan dan Layanan". Dengan dicetangnya kotak ini maka teman-teman dianggap telah menyetujui persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

selanjutnya klik "Lanjutkan"

4. Beri nama blog teman-teman
     Ini halaman Untuk memberi nama pada blog temen-temen yang akan dicptakan.


Di kolompertama masukan sebuah judu blog.
Pada baris kedua "alamt Blog (URL)" Isikan kata-kata yang menjadi alamat blog temen-temen nantinya. Jadi, bila kita isikan dengan kata "maduwebster". Maka blog kita nantinya beralamat di http://maduwebster.blogspot.com. Pilihlah kata-kata yang temen pengen dan jagan panjang-panjang.

Abaikan bagian dibawahnya ("Setup Tingkat Lanjut") bila kita masih menggunakan Blogger.com sebagai hosting temen-temen.

Klik "Lanjutkan"

Bila pengalamatan alamat blog (URL) masih tersedia, lanjutkan langkah ke-6.
Akan muncul notifikasi "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia" Permberi tahuan muncul bila kata-kata yang di pakai sudah dipakai oleh pemilik blog lain.
Ganti alamat yang lain atau coba alternatif yang muncul dibawahnya.

6. Pilih sebuah template
    Kini saatnya menentukan layout atau bungkus perwajahan blog temen-temen, pilih yang temen-temen suka. Jika pengen yang keren cari saja di Penulusuran Google template buat blog, ganti jika blog sudah jadi. Dan jangan lupa pilih template sesuai dengan tema itu lebih bagus.

Jika sudah pilih klik "Lanjutkan"

7. Blog Temen-Temen Sudah Tercipta

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon