Saturday, March 30, 2013

Mengenal Jenis-Jenis Kartu Memori


Dalam dunia multimedia, khususnya ponsel kebutuhan ruang penyimpanan data tak cukup hanya menggunakan memori internal. Oleh sebab itu ketersediaan memori yang lebih banyak jadi amat penting untuk kebutuhan menyimpan foto, lagu, video, dan data lain. Memori internal harus diekspansi lewat memori eksternal.



Multi Media Card
Multimedia Card atau MMC merupakan kartu memori standar. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1997 oleh Siemens dan Sandisk. Berbasis memori flash NAND Thosiba dan berukuran lebih kecil dari kartu memori pendahulunya, Compact Flash (yang berbasis NOR Intel) MMC standar berukuran 24 mm x 32 mm x 1,5 mm.
MMC menggunakan koneksi antarmuka sebesar 1bit, akan tetapi versi terbarunya dapat menstransfer data 4 hingga 8 bit, akan tetapi versi terbarunya dapat menstransfer data 4 hingga 8bit dalam saat yang sama. Meski memiliki kekurangan dibanding Secure digital (SD Card), akan tetapi versi terbarunya dapat menstransfer data 4 hingga 8 bit dalam saat yang sama. Meski memiliki kekurangan dibanding Secure digital (SD Card), akan tetapi MMC tetap menjadi pilihan dan digunakan secara luas, karena banyak mendukung berbagai perangkat seperti ponsel dan dapat digunakan pada slot SD card.
Reduced-Size Multi Media Card (RS-MMC)
Untuk memenuhi kebutuhan akan kartu penyimpanan yang lebih kompak dan kecil, ukuran MMC direduksi agar lebih kecil. MMC mini ini biasa dikenal dengan nama Reduced-Size Multi Media Card atau RS MMC, yang mulai diperkenalkan pada tahun 2004 lalu. Dengan menggunakan alat tambahan semacam adapter, RS MMC dapat digunakan pada slot MMC maupun SD card.
Saat ini yang paling banyak menggunakan RS MMC dalam produk-produknya adalah Nokia. Kebanyakan mereka menggunakan kartu ini untuk Nokia seri 60 yang bersistem operasi Symbian. Terakhir mereka menggunakannya pada Nokia 6630 dan 6680. RS MMCada yang mendukung daya listrik yang rendah dan normal (1,8 volt dan 3 volt) untuk menghemat baterai ponsel. Karena kelebihannya itu, RS MMC jenis ini sering disebut Dual voltage reduced Size MMC dan kemungkinan akan lebih popular disebut MMC mobile.
MiniSD Card
Diluncurkan pertama kali oleh SanDisk Corporation di Cebit 2003. Mini SD menggabungkan Memory Stick duo dengan SD Card dalam bentuk lebih kecil. Mini SD diadopsi dari SD association sebagai bentuk mini dari kartu Secure Digital Standar. Didesain khusus untuk perangkat mobile termasuk ponsel. Dengan menggunakan mini SD adapter,Anda dapat memasukkan mini SD ini kedalam slot MMC atau SD card.

MicroSD
MicroSD merupakan kartu memori super kompak dengan ukuran terkecil 11 mm x 145 mm x 1mm, hampir seukuran ujung jari. Sangat kompatibel dan nyaman digunakan pada perangkat bergerak dan ponsel. Memori jenis ini sudah digunakan pada Motorola E398. Anda dapat memasukkannya ke slot SD card dengan bantuan adapter. MicroSD hadir dengan kapasitas 16 MB sampai dengan 256 MB.
Diharapkan akhir 2005 kapasitasnya dapat meningkat hingga 512 Mb. Selain didukung oleh vendor ponsel Motorola , kartu mini ini juga diadopsi oleh Kyocera dan Samsung. Dahulu produk ini bernama T-Flash, kemudian berubah nama menjadi TransFlash setelah itu baru secara resmi berganti nama menjadi MicroSD dan disahkan oleh SD Association.
Secure Digital card
Secure digital mirip dengan MMC, banyak digunakan di berbagai perangkat mulai dari ponsel hingga kamera kamera dan komputer. Berbasis MMC, akan tetapi secara fisik dimensinya lebih tipis dan kecapatan transfer datanya lebih tinggi. Pengunci di bagian sisi digunakan untuk mencegah pembacaan dan penulisan data yang tidak diinginkan serta fungsi DRM. SD card berukuran 32mm x 24mm x 2,1mm. ada dua tipe yang saat ini beredar di pasaran yaitu yang berkecepatan normal (regular) dan yang mendukung transfer data tinggi (high speed data transfer). Beberapa kamera dan ponsel yang beradar saat ini memerlukan kartu memori dengan kemampuan transfer data yang tiggi untuk video recording, pemutar musik dan multitasking (menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu).
MMC 4.x and secureMMC
MMC standar terbaru 4.x diluncurkan di awal tahun 2005 (MMCA system Specification 4.1) Standar terbaru MMC 4 dapat menghasilkan kinerja tinggi dibanding MMC pendahulunya (keduanya memiliki dimensi yang sama akan tetapi MMC4 memiliki lebih banyak pin). Ada juga yang berformat Reduced size layaknya RS MMC yang disebut RS-MMC4, dan dipasarkan dengan nama MMC mobile.
Memory Stick
Memory Stick merupakan format kartu flash memori yang diperkenalkan oleh Sony pada Oktober 1998. Saat ini yang termasuk dalam keluarga ini adalah Memory Stick Pro, merupakan perbaikan dari versi sebelumnya dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi, dan Memory Stick Duo, versi kecil dari Memory Stick.
Umumnya yang menggunakan memori jenis ini adalah ponsel-ponsel buatan Sony Ericcson seperti S700i atau yang baru saja diluncurkan K750i. dapat dimaklumi karena Memory Stick memang trademark milik sony. Akhir-akhir ini baru terdengar kalau sandisk juga telah mendapat lisensi untuk membuat Memory Stick.
Ukuran Memory Stick hampir mirip dengan ukuran permen karet Lotte dan memiliki ukuran kapasitas 4 hingga 128mb. Karena kebutuhan kapasitas memori yang semakin besar, Sony kemudian membuat perbaikan dari Memory Stick yaitu Memory Stick Select. Memory Stick Select memiliki duahingga empat partisipasi terpisah dengan masing-masing berkapasitas 128 mb. Akan tetapi Memory Stick Select ini tak bertahan lama karena kurang populer.
Memory Stick Pro
Merupakan jawaban Sony atas kartu memori berkapasitas besar. Memory Stick Pro memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dan secara teori mampu mencapai kapasitas 32 GB. Terakhir pada Juni 2005, Sony meluncurkan Memory Stick Duo dengan kapasitas tinggi 4 GB. Memory Stick Pro berkecepatan tinggi kini juga tersedia dipasaran untuk mendukung ponsel atau perangkat terbaru yang memiliki kemampuan high speed transfer data.
Memory Stick duo yang sering dibandingkan dengan format secure digital dirancang dengan ukuran lebih kecil sehingga pas untuk ponsel dan kamera digital. Memory Stick Duo hadir di pasaran bersama-sama saudaranya Memory Stick Pro, dengan variasi kapasitas yang bermacam-macam.
Sony Memory Stick Micro (M2)
Memory Stick Micro (M2) terbaru Sony menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar agar pemindahan data menjadi lebih mudah dan leluasa. Image Alt Sony Indonesia memperbanyak jajaran media Memory Stick Micro (M2) dengan memperkenalkan model berkapasitas penyimpanan 8GB. M2 8GB terbaru ini memungkinkan kita untuk menikmati lebih banyak lagu, foto, video, dan data pribadi.
Pencinta lagu dapat menyimpan hingga 2000 lagu dalam format MP3, dan hingga 11 ribu lebih foto berukuran tiga megapixel jika digunakan pada kamera digital.
Supaya gampang melakukan pemindahan data, M2 telah dipasangkan dengan sebuah adaptor USB yang berfungsi layaknya sebuah alat penyimpanan data USB normal agar perpindahan data dari telepon genggam ke PC menjadi lebih mudah.
Sebagai tambahan, M2 sanggup bertahan dalam beragam kondisi perubahan suhu mulai dari -25°C hingga +85°C. Dengan begitu data penggunanya tetap aman dalam kondisi apapun. M2 terbaru udah ada di pasaran Indonesia dan dapat dibeli dalam paket yang menyertakan adaptor USB, atau dalam bentuk satua.


http://medoho.blogspot.com/2009/06/mengenal-jenis-jenis-kartu-memori.html

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon