Thursday, July 5, 2012

Tips Bagi Para Downloader

Memang cukup mengesalkan memang jika upload kita sering gagal, apalagi jika sudah mencapai menemukan pesan: “97% Download Failed”. Ok memang tidak akan menjadi masalah apabila file-nya relatif kecil atau kecepatan koneksi anda relatif besar.
Kasus lain adalah, file telah di unduh secara utuh, tapi ternyata file nya corrupt. Penulis akan berbagi tips bagaimana agar proses mengunduh dapat berjalan dengan lancar, versi penulis tentunya.

  1. Download dengan download manager, bukan download manager yang terintegrasi pada browser anda (kalau file relatif kecil mungkin tidak masalah). Gunakanlah download manager seperti FDM, IDM, FlashGet, atau yang lain bergantung selera anda. Penulis sendiri lebih suka memakai FDM.
  2. Hindari Stop and Resume saat mengunduh, karena hal ini dapat menyebabkan file menjadi rusak. Jika anda ingin browsing saat mengunduh, anda dapat mengatur setelan bandwidth agar hanya menggunakan bandwidth 50% atau hanya 10% dari total bandwidth yang anda miliki, penyetelannya bergantung dari download manager yang anda gunakan. Sejauh pengalaman penulis, selama anda tidak pernah Stop and Resume berkali-kali maka proses mengunduh tidak pernah gagal.
  3. Download lah satu per satu, dan jangan serakah. Pengaturan ini dapat disetel melalui settingan download manager anda, sehingga list unduhan yang anda buat akan dikerjakan satu per satu. Jadi, jika anda sering mengutak-atik download manager yang anda gunakan, seharusnya ini bukanlah masalah besar.
  4. Pelajari file hosting tempat anda mengunduh. Masing-masing file hosting memiliki sifat yang berbeda-beda. Misalnya: pada indowebster.com, anda bebas ingin mengunduh kapanpun, tidak ada batasan (quota), tidak perlu mendaftar, maka anda bisa membuat list unduh yang banyak. Hal ini akan berbeda pada mediafire.com, walaupun file hosting ini gratis, dan memberikan bandwidth yang lega, tapi anda tidak bisa membuat list unduh yang panjang, karena mediafire.com menyimpan cookie, serta suka merubah link unduhan. Maknyos.com, 4shared.com, rapidshare.com, dan lainnya tentu memiliki aturannya masing-masing.
  5. Jika ingin lebih mudah dalam mengunduh, disarankan menjadi premium member atau donatur pada file hosting tersebut.
  6. Apabila download anda terhenti di tengah jalan dikarenakan server merubah alamat file yang dimaksud, jangan khawatir, karena anda masih bisa meneruskan unduhan anda. Cukup dengan meng-generate link unduh yang baru dan lakukan replace pada “download pathdownload manager anda.
  7. Jika file yang anda unduh dilengkapi dengan cheksum, anda bisa menggunakan exactFiles ataupun software yang lain untuk memeriksa apakah file yang telah diunduh itu rusak atau tidak.
  8. Terkahir, cari versi terbaru download manager anda secara berkala, hal ini dimaksudkan agar mengurangi bug pada software.
Kalo ada tambahan lain, nantinya tulisan ini akan terus di update.

http://andiramuttakim.wordpress.com/2011/01/30/tips-bagi-para-downloader/

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "
EmoticonEmoticon