Panduan Harvestmoon Back To Nature ( Cara Bermain Harvestmoon )


Apa itu Harvest Moon?
Sebagian besar dari kalian semua pasti sudah mengenal atau minimal pernah mendengar nama Harvest Moon. Harvest Moon adalah game simulasi kehidupan yang dikeluarkan Natsume di sistem Nintendo. Permainannya lain daripada yang lain; karena game ini bukan mengenai petualangan melawan kekuatan jahat, bertempur dengan monster, atau berkeliling dunia berbekal senjata pedang, perisai, baju baja, item magis, dll. Permainan dalam Harvest Moon berkutat pada mengelola peternakan/pertanian; mulai dari mencangkul ladang, menanam serta menyirami bibit tumbuhan, memetik buah, mengumpulkan telur ayam, memerah susu sapi, menculur bulu domba, mengendarai kuda, dan tentu saja bersosialisasi dengan penduduk lainnya dalam festival, lomba, dan sebagainya; dengan berbekal pacul, sabit, alat penyiram, alat pemerah susu, sikat bulu, dan kantong biji. Seri yang unik ini berhasil menjadi hit dan terus berkembang dengan konsep yang semakin revolusioner. Seri Harvest Moon: Back to Nature yang dikeluarkan untuk konsol Playstation di tahun 2000 ini mungkin adalah seri Harvest Moon yang tersukses dan terbaik. Pasalnya, walau sekarang sudah banyak game Harvest Moon baru di konsol yang lebih canggih dengan desain lebih modern pula, masih sangatlah sulit untuk menggeser posisi game Harvest Moon: back to Nature ini dari hati penggemar. Kenapa, ya?
Masa Kecil yang indah… Liburan Musim Panas di Peternakan Kakek
Tokoh utama dalam game ini (untuk seterusnya disebut Jack demi mempermudah), karena kesibukan orang tuanya, harus menghabiskan liburan musim panas di masa kecilnya dengan bermain di peternakan kakeknya. Kakeknya juga sangat sibuk dengan pekerjaannya sebagai petani sekaligus peternak, sehingga tidak bisa menemani Jack bermain di sana; tapi kakeknya mengijinkan Jack bermain sendiri dan tinggal sesuai keinginannya. Jack kecil pun bermain-main: mengendarai kuda (akhirnya jatuh), mengejar-ngejar ayam (akhirnya dikejar balik), dan banyak lainnya. Ketika lelah bermain, Jack pergi ke padang rumput untuk berbaring sejenak. Saat itu terdengar suara nyanyian yang indah; ternyata seorang gadis kecil seumuran Jack sedang bernyanyi di situ. Tak lama mereka berteman dan bermain bersama setiap hari. Ketika tiba waktunya bagi Jack untuk pulang, gadis itu merasa sedih. Dia meminta Jack berjanji untuk kembali ke sini suatu saat nanti…

Bertani… Beternak… Bahkan Bertambang… Bukan Hal Mudah!

Bertahun-tahun berikutnya, Jack kembali ke Mineral Town, tempat peternakan/pertanian kakeknya dulu. Sepeninggal kakeknya, lahan di sana sudah lama tidak diurus; gersang, kotor, rumput liar di mana-mana. Mayor kota menjelaskan pada Jack bahwa untuk menjadi pewaris lahan pertanian yang diakui di desa/kota ini, Jack harus bekerja keras membuat tanah ini kembali subur dan sukses seperti dulu: penuh hasil panen, telur, susu, dan hasil hutan. Jika Jack tidak bisa mencapai target dalam 3 tahun, maka Jack harus pergi… Begitulah, sebagai Jack di tanah pertanian di rumah kecil dengan peralatan seadanya, uang 500 G serta seekor anjing (nama karakter, pertanian, anjing, dan sebagainya kamu buat sendiri); harus bekerja keras. Di dalam rumah kamu bisa menonton TV, menyimpan perkakas, serta barang-barang lainnya. Untuk hari-hari pertama kamu bisa mulai dengan berkeliling kota (mayor akan memandumu jika mau); berkenalan dengan berbagai orang.

Banyak terdapat keluarga kecil seperti keluarga Tukang Pandai Besi, Penjual Wine, Penjaga Perpustakaan, Pengurus Penginapan, Penjual di Supermarket, Pastor di Gereja, Peternak Ayam, Peternak Sapi, Tukang Kayu, dan seterusnya. Menjalin hubungan yang baik dengan semua orang adalah salah satu langkah u ntuk tetap bisa tinggal di desa/kota ini. Tapi sebagai petani yang baik, tentu saja kamu harus mulai dengan membeli beberapa bibit tanaman di Supermarket. Bibit-bibit hanya bisa ditanam pada musim yang tepat (ada 4 musim: Musim Semi, Panas, Gugur, Dingin); menanam bibit tertentu pada musim yang salah hanya akan membuat bibit itu hilang. Setelah membeli bibit yang tepat, kembalilah ke peternakan, dan gunakan paculmu; menggali tempat yang cukup luas untuk menanam bibit. Setelah siap, bibit disebar, lalu disiram dengan alat penyiram! Air bersih bisa diambil dari kolam di samping kandang ayammu; seperti sungguhan, ya! Jangan lupa; cuaca yang buruk seperti badai topan atau panas terik bisa merusak tanamanmu. Cuaca hujan; walau membantumu dalam menyiram tanaman, bisa membuat badanmu cepat lelah. Pastikan untuk melihat ramalan cuaca setiap hari di TV.

Tentunya, dengan modal yang sangat minim seperti itu amat sulit bertahan di sini! Untuk penghasilan tambahan, kamu bisa pergi ke bukit untuk mengambil hasil hutang seperti rebung, bunga, juga jamur. Di bukit juga ada pemandian air panas untuk mengembalikan stamina. Ya, jika kamu bekerja terus menerus tanpa henti, kamu akan lelah, dan bisa-bisa pingsan! Selain mandi air panas tadi, makan berbagai makanan (baik mentah ataupun masak) akan memulihkan tenagamu. Kamu juga bisa menggali dalam sebuah gua untuk mendapat hasil tambang, seperti bijih besi, perak, atau tembaga. Selain bisa dijual, kamu bisa memakainya untuk meningkatkan fungsi dari alat-alat pertanianmu! Bila alat pertanianmu (penyiram air, pacul, palu, sabit, atau kapak) sudah banyak kamu pakai dan memiliki cukup pengalaman’, kamu bisa membawanya ke pandai besi dengan bijih besi atau mineral yang sesuai, lalu kemampuan alatmu akan bertambah! Misalnya dengan Pacul Lv. 2, kamu bisa menggali 2 petak dalam 1 ayunan; atau batu keras dan besar bisa kamu hancurkan dengan Palu Lv. 3, dst. Semakin tinggi, semakin baik.

Setelah punya cukup uang, belilah ayam dan makanannya. Bila ayam diberi makan sampai cukup besar, mereka akan bertelur setiap hari. Telur itu bisa dijual atau dibiakkan menjdai seekor anak ayam yang akan tumbuh besar menjadi ayam dewasa baru. Perhatikan; untuk mendapat telur yang bisa dibiakkan (Fertilized Egg) kamu harus punya sepasang ayam jantan dan betina! Begitu pula dengan sapi; setelah besar, kamu bisa memerah susunya setiap hari dengan alat pemerah susu (harus dibeli dulu). Kualitas dan banyaknya susu serta telur yang dihasilkan ternakmu tergantung perawatannya; bila disayang, diberi makan teratur, dan sering diajak bicara, mereka akan bahagia dan memberi hasil berkualitas tinggi seperti telur dan susu EMAS!! Jangan lupakan juga kuda; walau tidak memberi hasil konkrit, bila besar kamu bisa menungganginya berkeliling desa, mendaki gunung, dan bisa diikutsertakan di pacuan kuda! Bila setiap binatang makin sayang padamu, mereka bisa dipanggil dengan bersiul atau membunyikan lonceng (untuk sapi). Semakin kamu menyayangi, semakin patuh mereka. Nantinya seiring waktu dan hubungan dengan penduduk lain berkembang, kamu bisa memelihara ikan, memancing, dll sampai ikut berbagai macam acara seperti festival tahun baru dan masak, lomba ayam, sapi, domba, dan anjing, pesta dansa, pertunjukkan musik, juga turnamen renang musim panas. Bila kesulitan mengurus ternak dan pertanian seorang diri, jangan ragu untuk minta bantuan peri-peri di hutan. Tapi jangan memaksa, ya! Sebab mereka juga punya waktu untuk libur.

Hidup Yang Panjang dan Senang… Sampai menikah!!

Saat pertanian sudah cukup maju dan ramai, sudah saatnya kamu lebih memikirkan rencana ke masa depan: pernikahan! Di kota, ada 5 orang gadis yang bisa kamu ajak berteman, sampai benar-benar dekat dan bisa kamu buat jatuh cinta lalu menikahimu. Mereka memiliki indikator hati, warna dan besarnya menunjukkan seberapa kuat perasaan mereka padamu. Awal bertemu pasti berwarna hitam-tidak punya perasaan apapun, tapi bisa meningkat menjadi teman, teman dekat, sampai cinta. Mendekati mereka tentu tidak mudah; setelah saling kenal kamu harus sering mengobrol dengannya, ikut serta dalam bermacam-maca kejadian yang melibatkan mereka, member hadiah, dan tidak lupa memberi selamat di hari ulang tahun! Ya, setiap orang termasuk kamu memiliki hari ulang tahun sendiri (untuk kamu, kamu tentukan sendiri); dan mereka akan sangat senang jika kamu mengucapkan selamat, bahkan memberi hadiah (bisa dibungkus kado!). Begitu pula dengan para gadis; mereka memiliki sifat, kesukaan, jadwal kegiatan, bahkan rahasia yang berbeda-beda. Untuk setiap gadis pun kamu memiki saingan; jika kamu gagal, sainganmu yang akan menikahi gadis pilihanmu… T_T Andaikata kamu berhasil membuat gadis pujaanmu jatuh cinta, kamu bisa melamarnya dan menikahinya. Tapi untuk menikah kamu harus sudah punya rumah yang cukup besar (dengan 2 tempat tidur, kulkas, dsb bisa diminta untuk memperluas pada Tukang Kayu) agar cukup untuk tinggal bersama. Setelah menikah, posisimu di Mineral Town lebih terjamin; lalu bila hubunganmu dengan sang istri baik-baik terus, kamu bisa punya anak!! Istri dan anakmu harus dirawat; diajak bicara, diberi hadiah, dan seterusnya. Dari seorang petani sederhana menjadi satu keluarga bahagia…!!! Woow!!! Bukankah itu menakjubkan!?
Singkat kata, Harvest Moon: Back to Nature adalah salah satu game simulasi kehidupan terinovatif dan paling asyik untuk dimainkan bagi semua kalangan. Pastikan memainkan game ini setidaknya sekali seumur hidupmu! Terutama bagi penggemar game; jika tidak pernah memainkannya, dijamin menyesal!!! Dapatkan segera di toko-toko video game terdekat, dan belajar hidup sebagai petani yang penuh kerja keras!

Nilai:
Grafis : 70 B+
Suara : 75 B++
Permainan : 90 A+
Fitur : 95 A++
Cerita : 80 A
Keseluruhan : 82 A
E (0-20) : Parah
D (21-40) : Buruk
C (41-60) : Kurang
B (61-80) : Lumayan
A (81-99) : Bagus
S (100) : SEMPURNA!

WALKTHROUGH
Tanggal Ultah dan Hadiah Kesukaan

SPRING
Louis: Spring 2 Madu, Jam.
Saibara: Spring 11 - Bijih besi.
Elli: Spring 16 - Bunga. Pekerja keras, diam-diam ia disukai oleh dokter. Bila ultahmu Summer 16, ultah Elli akan jadi Summer 20.
Jadwal:
kecuali Rabu 9:00 AM - 7:00 PM - Clinic
Rabu: 9:00 AM - 1:00 PM - Rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - Supermarket
4:00 PM - 7:00 PM - Rumahnya
Barley: Spring 17- Bunga.
Lillia: Spring 19 - Bunga, Madu, Jam.
Greg: Spring 26 - Ikan besar, Ikan sedang, Makanan Ikan.
Sasha: Spring 30 - Bunga, Flour, Madu.

SUMMER
Popuri: Summer 3 - Bunga, Madu. Dia suka semua yang imut-imut. Tinggal bersama Rick kakaknya dan ibunya Lilia di Poultry Farm. Bila hari ultahmu Summer 3, ultahnya jadi Summer 10. Biarpun sainganmu, Kai hanya muncul pada musim panas, kamu tetap harus berusaha menyenangkan Popuri.
Jadwal:
Bila cuaca baik:Kecuali Minggu
7:30 AM - 10:00 AM - Hot Springs
10:30 AM - 6:00 PM - Rumahnya
Sunday
8:30 AM - 10:00 AM - Church (musim panas saja)
10:00 AM - 1:00 PM - Church
1:30 PM - 4:00 PM - Rose Square
Bila cuaca buruk: kecuali Minggu
9:00 AM - 6:00 PM - Rumahnya
Minggu
10:00 AM - 4:00 PM - Church
Harris: Summer 4 - Bunga, Onigiri.
Cliff: Summer 6 - Onigiri, Spa-Boiled Egg. Tinggal di Inn. Kalau kamu mengajaknya bekerja di Vineyard, dia akan menjadi temanmu.
Basil: Summer 11-Bunga.
Ann: Summer 17-Spa Boiled Egg. Gadis tomboi sehingga ayahnya (Doug) takut Ann tidak bisa menikah. Ann pandai masak dan ramah. Cliff adalah sainganmu untuk mendapatkan Ann. Ann akan mengundangmu ke acara ultahnya bila parameter perasaannya sudah ungu atau lebih. Jangan lupa datang dengan membawa hadiah. Bila ultahmu Summer 17, ultah Ann akan jadi Summer 22.
Jadwal:
Bila cuaca baik: 7:30 AM - 10:00 AM- HotSpring, 10:30 AM to 10:00 PM - Inn
Bila cuaca buruk: 6:00 AM to 10:00 PM- Inn
Kai: Summer 22 - Flour, Oil. Hanya muncul pada musim panas (menetap bila menikah dengan Popuri). Orangnya ceria dan berterus terang.
Zach: Summer 29 - Onigiri.

FALL
Gotz: Fall 2 - Bahan-bahan.
Stu: Fall 5 - Madu, Juice, Jam.
Hoggy: Fall 10. Sprite berbaju kuning, hobinya tidur.
Manna: Fall 11 - Madu, Bunga.
Karen: Fall 15 - Wine. Cantik, pemilih, suka minum untuk melupakan masalahnya. Satu-satunya karak-ter wanita yang dapat ditemukan di Inn pada malam hari. Bila ulathmu Fall 15, ultahnya jadi Fall 23. Rick menyukainya dan selalu cemburu pada Kai.
Jadwal:
Bila cuaca baik: Kecuali Minggu dan Selasa
8:00 AM - 10:00 AM - di luar Clinic/Supermarket
10:00 AM - 1:00 PM - House
1:00 PM - 7:00 PM - Supermarket
7:30 PM - 10:00 PM - Mineral Beach
Minggu, Selasa
8:00 AM - 10:00 AM - di luar Clinic/Supermarket
10:00 AM - 1:00 PM - House
1:00 PM - 4:00 PM - Hot Springs
8:00 PM - 10:00 PM - Inn
Bila cuaca jelek:Kecuali Minggu, Selasa
9:00 AM - 7:00 PM - Supermarket
Minggu, Selasa
1:00 PM - 4:00 PM - Rumah Gotz
8:00 PM - 10:00 PM - Inn
Doctor: Fall 17 - Poisonous Mushroom. Orangnya sangat sibuk tapi ia ramah.
Anna: Fall 23-Madu, Flour.
Rick: Fall 27 - Makanan Ayam. Orangnya baik,tapi ia tidak suka pada Kai. Tinggal di Poultry Farm.

WINTER
Kano: Winter 2 - Bunga, Jamur.
Gray: Winter 6 - Bijih Besi. Tinggal bersama dan bekerja untuk kakeknya Saibara. Ia pemalu dan merasa kurang dihargai oleh kakeknya. Kalau bukan bekerja biasanya ia ada di perpustakaan.
Doug: Winter 11 - Flour, Kare Flour, Oil.
Ellen: Winter 13 - Onigiri, Bread, Egg, Spa-Boiled Egg.
Duke: Winter 15 -Bread, Onigiri, Spa-Boiled Egg.
Won: Winter 19
Mary: Winter 25 - Bamboo Shoots (rebung). Gadis yang manis, suka bicara tentang buku. Bila ultahmu Winter 25, ultah Mary jadi Winter 25. Mula-mula ia belum sadar bahwa Gray suka padanya.
Jadwal:
Bila cuaca baik: Kecuali Senin:
10:00 AM to 6:00 PM - Library
Senin:
7:00 AM - 10:00 AM - Mother’s Hill
11:00 AM - 12:30 PM - dalam rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - dalam Supermarket
Bila cuaca buruk: kecuali Senin:
10:00 AM - 6:00 PM- Library
Senin:
10:00 AM - 12:30 PM - dalam rumahnya
1:00 PM - 4:00 PM - dalam Supermarket

Karakter-karakter lain
Pastor Carter
Sprite: Peri-peri yang tinggal di pohon belakang gereja. Sprites suka aksesoris, apple pie, bodigizer, bread, butter, cake, cookies, fruit juices, green grass, honey, hot milk, jam, omelets, relaxation tea, strawberry milk, sweet potatoes, mix juices, pizza, wild grapes, wine and yarn. (Jangan lupa membungkus hadiah itu di toko.) Mereka tidak suka binatang yang besar.
Bold (baju ungu): Spring 4
Staid (baju biru tua): Spring 15.
Aqua (baju biru muda): Spring 26.
Timid (baju hijau): Summer 16
Hoggy (baju kuning): Fall 10.
Chef (baju merah): Fall 14.
Nappy (baju oranye):Winter 22
Cat: Kalau minta tolong, gunakan saja 3-4 sprite, jangan memanggil semuanya karena nanti saat kamu benar-benar butuh lagi mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri. Kecuali kalau kamu ingin menggarap ladangmu besar-besaran, sekitar 10-20 baris, barulah kamu butuh 7 orang sekaligus.
Gourmet : Seorang pesolek yang muncul untuk menilai makanan setiap orang yang mengikuti festival masakan.

Heart Key
Parameter perasaan cewek padamu. Ingat yang bisa kamu nikahi adalah Ann, Elli, Karen, Mary, atau Popuri. (Untuk HM for Girl yaitu cliff, Kai, Rick, Doctor, atau Gray)
Hitam: Tidak ada perasaan apapun
Ungu: Sopan padamu
Biru: Sebagai teman
Hijau: Menyukaimu
Kuning: Jinak-jinak merpati
Orange: Terpikat
Merah: Mencintaimu

The Village
1. Tanah pertanianmu
2. Blacksmith (Pandai Besi)
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Kamis.
3. AJA Winery
9AM-12PM. Tutup pada setiap hari Sabtu.
4. Mary’s House
5. Library
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Senin.
6. Ellen’s House
Tempat tinggal Ellen, Stu, dan Eli.
7. Mayor’s House
Ketika Mayor keluar, temannya Kano biasanya berada di sini.
8. Supermarket
9AM-5PM. Tutup pada setiap hari Selasa dan Minggu
Rumah Karen nyambung dengan Supermarket.
9. Inn
8AM-9PM
Doug dan Ann tinggal di sini. Kai, Cliff, dan Gray tinggal di ruangan atas. Dan pada malam hari setelah 8PM, banyak penduduk desa dapat ditemukan duduk-duduk sambil minum. Won, penjual biji-biji yang aneh, juga dapat ditemukan di sini.
10. Clinic
9 AM-4 PM. Tutup pada setiap hari Rabu.
Doktor dan Eli bekerja di sini.
11. Church
9AM-8PM
Pastor selalu berada di sini. Banyak kakater lain dapat ditemukan di sini dari waktu ke waktu, seperti Cliff, Popuri, Stu dan May.
12. Sprites’ Home
Lokasinya terletak di dalam pohon di belakang gereja.
13. Rose Square
Tempat kebanyakan festival. Ada sebuah tong sampah yang terletak di area ini.
14. Mineral Beach
Zach, bertugas mengirim paket, dan Greg tinggal di sini. Pantai adalah rumah untuk satu atau dua perayaan yang merupakan lokasi tepat untuk memancing.
15. Yodel Farm
9AM-3PM. Tutup pada setiap hari Senin.
Barley dan May tinggal di sini. Kamu dapat membeli dan menjual binatang seperti Domba dan Sapi Ada beberapa festival diadakan di sini. Bila kamu memutuskan agar anjingmu dipelihara Hana, Yodel Farm Dog, kamu harus mampir setiap hari supaya anjingmu tetap bergembira.
16. Poultry Farm
12PM-4PM. Tutup pada setiap hari Minggu.
Tempat tinggal Popuri, Lillia, dan Rick. Selain itu Poultry Farm juga tempat kamu dapat membeli atau menjual ayam-ayam dan mendapatkan ayam-berhubungan supplier pertanian.
17. Carpenter’s House
Kalau kamu mencari sesuatu untuk mengupgrade tanah pertanianmu, ini merupakan tempat yang harus kamu tuju. Gotz, si tukang kayu, tidak memiliki waktu yang tetap, dan dia seringkali ditemukan berkeluyuran di sekitar pegunungan sedang mencari makanan dan kayu. Louis juga tinggal di sini. Sekitar rumah Gotz terdapat banyak kayu untuk kamu tebang.
18. Hot Spring
Spa yang berada di lingkungan luar. Ketika karaktermu mulai lelah, habiskan satu jam dalam spa untuk mengembalikan energimu.
19. Lake Kappa
Ada Winter Mine yang hanya bisa kamu gali pada musim dingin.
20. Puncak Mother’s Hill
Puncak tertinggi pegunungan.
21. Mother’s Hill
Di pegunungan ini terdapat banyak benda. Tergantung musim, kamu dapat pergi ke sana ke mari di area ini untuk mendapatkan buah-buahan dan berry. Kamu juga bisa mendapatkan kayu, bunga, dan banyak lagi.

The Cave
Tempat ini berada di belakang air terjun dekat Hot Spring. Gunakan cangkulmu untuk menemukan biji-biji guna mengupgrade peralatanmu. Nilainya sama baiknya dengan benda-benda lainnya, misalnya uang.
Ketika menggali, kamu kadang-kadang menjumpai tangga-tangga yang membawamu ke area-area lebih rendah. Area yang lebih rendah itu merupakan tambangmu, di sini kamu dapat menemukan benda-benda lebih baik.

Festivals
SPRING
1: New Years Festival: Rose Square. Minum dengan orang dewasa di Inn (awas jangan kebanyakan minum). Untuk menari dengan wanita, pergi ke Square.
8: Spring Goddes Festival: Rose Square
14: Thangksgiving Festival: Bagi-bagikan cookies buatanmu kepada gadis-gadis.
18: Horse Race: Walaupun kamu datang telat, kamu bisa mengikuti semua lomba (ada 3).
22: Cooking Festival: Periksa makanan yang dikeluarkan oleh peserta lomba lain, mungkin kamu akan menemukan sesuatu.
Untuk menang harus menggunakan bahan makanan yang banyak, berkualitas, dan alat yang tepat. Resep yang rumit juga memperbesar kemungkinan menang. Bumbu-bumbu lebih-kurang sedikit tidak berpengaruh. Bahan-bahan seperti telur dan susu yang mempunyai hitungan angka tidak ada hubungannya pada keahlian pembuatan. Untuk kue, bila kebanyakan telur atau susu, bakalan gagal. Tapi bagi yang kualitasnya bisa dijumlah, misalnya dalam 1 resep pakai 2 telur, tidak ada masalah. Coba dulu resep yang akan dilombakan karena ada bahan yang cocok dengan masakan tertentu ada yang tidak.

SUMMER
1: Sea Opening: Power Berry hanya bisa didapatkan dengan menang lomba pertama. Saat lomba, selang-selingi antara bernapas dan berenang (tombol O dan Kotak). Beberapa saat menjelang finih lakukan last spurt, berenang sekuat tenaga. Kalau sempat, sebelumnya cari dan baca buku tentang festival dan berenang di perpustakaan.
7: Chicken Festival: Selain jumlah heart ayam yang maksimal (10), pada saat ayammu berhadapan dengan sesamanya, tekan tombol O untuk bersorak memberi semangat. Bila lawan mengejek, langsung balas dengan sorak semangat.
12: Tomato Festival: Perang
20: Cow Festival: Yodel Ranch. Menang-kalah tergantung jumlah hati sapimu..
24: Fire Works Display: Bisa janjian sebelumnya dengan pasangan nonton.

FALL
3: Music Festival: Gereja, 6 PM.
9: Harvest Festival: Rose Square, 10 AM. Tanggapan penduduk tergantung makanan yang kamu bawa untuk dimasukkan ke Village Pot.
13: Moon Viewing Festival: Di puncak gunung mungkin kamu akan bertemu gadis yang paling kamu sukai.
24: Sheep Festival: Yodel Ranch. Anak domba, domba hamil, dan domba yang sudah dicukur tidak bisa dilombakan.
25: Fall Horse Race

WINTER
10: Dog Race: Rose Square, 10 AM. Tergantung jumlah heart dan kecekatan anjing. Bila kecekatan anjing rendah, lari ambil jarak sedikit dari anjing (jangan berlebih). Untuk meningkatkan heart, jangan mengeluarkannya dari rumah saat cuaca buruk dan peluklah ia sekali sehari. Latihan dengan Dog Ball meningkatkan kecekatan.
14: Winter Thanksgiving Festival: Gadis yang hatinya berwarna akan memberimu chocolate, yang hatinya hijau memberimu chocolate cake. Popuri datang jam 6, Ann jam 8, Elli jam 10, Karen jam 1, dan Maria jam 3. (jika kamu menyimpan coklat yang mereka berikan untuk beberapa hari, kamu bisa memberikan coklat kembali kepada mereka sebagai hadiah dan mereka kelihatan tidak terlalu memperhatikan bahwa kamu mengembalikan hadiah mereka)
24: Star Night Festival: Wanita yang mempunyai hati ungu akan mengundangmu pesta di rumahnya. Acara dimulai pukul 6 PM.
30: New Years : Mother’s Hill. Di puncak bukit ini, kamu dapat menemukan snow flower yang jarang ada, yang ingin dilihat Nenek Eli sebelum dia meninggal.

Item
g Animal Medicine
Harga- 1000G
Untuk mengobati penyakit hewan peliharaan. Bisa dibeli di Yodel Ranch atau Poultry Farm.
g Bell
Harga- 500G
Untuk memanggil ternak keluar atau ke dalam kandang. Lebih mudah kan daripada mendorong-dorong mereka ke sana sini. Beli dari Blacksmith (si Saibara).
g Blue Feather
Harga - 1000G
Untuk melamar gadis yang parameter perasaannya (gambar heart) merah. Beli di Supermarket.
g Blue Vase
Harga - 5000G
Won akan menjualnya padamu bila rumahmu sudah diupgrade sepenuhnya. Taruh bunga di dalamnya, berfungsi untuk mengurangi kelelahan.
g Cow Potion
Harga - 3000G
Membuat sapi hamil. Beli di Yodel Ranch.
g Dog Ball
Harga - 100G
Sangat berguna untuk melatih anjingmu, supaya bisa menang Dog Race dan membantu menggembala ternak. Won akan menawarkannya pada musim gugur (Fall).
g Fishing Rod
Harga - 0G
Tangkai pancing. Bicara dengan Greg di Spring tahun pertama dan dia akan memberikannya.
g Fishing Pole
Harga - 0G
Tangkai pancing, lebih banyak hasilnya dari pada Fishing Rod. akan diberikan Greg bila ikan di kolammu berjumlah 50 atau lebih. Untuk itu kamu harus rajin memancing dan memberi makan ikanmu (secara merata dari pinggir kolam).
g Medium Rucksack
Beli di Supermarket. Bisa membawa 4 tool dan 4 item.
g Large Rucksack
Harga-5.000G
Bisa membawa 8 tool dan 8 alat. Bisa dibeli di Supermarket 10 hari setelah kamu membeli Medium Rucksack.
g Sheep Potion
Cost - 3000G
Description - Membuat domba dewasa hamil. Beli di Yodel Ranch.
g Shears
Cost - 1800G
Description - Untuk menggunting bulu domba. Hasilnya bisa dijual dan dombamu makin cinta.
Home Shopping Network.
Setiap Sabtu pagi, televisimu akan menyiarkan penawaran item dapur dari saluran Home Shopping Network. Kamu akan membutuhkan item-item ini untuk mempraktekkan resep makanan. Untuk memesan, kamu harus menelpon dari Tavern (seharga 10G per panggilan). Biasanya waktu pengiriman item ialah 3 hari. Setelah semua barang dari Shopping Channel di pesan, acara televisi akan berganti.
Knife: 3.000 G
Frying Pan: 2.500 G
Pot: 2.000 G
Mixer: 2.500 G
Whisk (pengocok): 1.000 G
Rolling Pin (untuk membuat mie): 1.500 G
Oven (untuk membuat kue, pie, dan cookie): 5.000 G
Seasoning Set (bumbu, terdiri dari garam, gula, cuka, saus tiram, pasta miso): 5.000G
Power Fruit (tingkatkan energi 10): 5.000G

Daur hidup panen
Pertumbuhan dari tanaman yang kamu tanam akan mengalami siklus pertumbuhannya. Waktu pertumbuhan ini akan sangat tergantung dari cara penangananmu. Jika kamu terus menggunakan tanah yang sama secara terus menerus, tumbuh-tumbuhan akan tumbuh lebih lambat pada suatu periode waktu tertentu.
Jika kamu ingin meneruskan menggunakan area yang sama dari tanah yang dipakai untuk bercocok tanam dan menuai panen, sekali panen yang tergantung dari musim berakhir, gunakan palu untuk menggemburkan tanah kembali agar menjadi normal. Kemudian cangkul kembali. Kamu mungkin menginginkan terjadi panen dalam area yang berbeda untuk menjaga agar tanah tetap subur.
Juga, jika kamu lupa menyirami panen, ini akan menyebabkan waktu pertumbuhan menjadi tidak tetap.
Note: Sekali benih sudah menjadi tumbuhan, kamu tidak perlu memberi air. Rumput akan tersisa dalam perputaran tahun (meskipun akan tertutup oleh salju pada musim dingin) jadi kamu tidak perlu menanam rumput baru setiap musim.
Rekomendasi: Jika kamu merencanakan untuk menanam beberapa benih-benih yang sama, tanam dalam hari-hari yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan mereka tidak tumbuh dalam waktu yang sama dan kamu tidak perlu menghabiskan seluruh hari hanya untuk bercocok tanam, sehingga kamu tidak perlu kehilangan kesempatan emas untuk merayu wanita-wanita.

Spring (Musim Semi)
Cabbage (Kubis)
Harga Biji : 500G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : setiap 250
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : sekali
Cucumbers (mentimun)
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 100G
Waktu tumbuh : 10 hari
Panen : setiap lima hari
Grass
(Dapat ditanam dalam musim panas dan musim gugur)
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : tidak untuk dijual karena diperlukan untuk memberi makan binatang
Waktu tumbuh : 30 hari
Panen : setiap 10 hari
Moon Drop Flowers
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : satu kali
Potatoes
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 80G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : satu kali
Strawberries
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : setiap 30G
Waktu tumbuh : 9 hari
Panen : setiap 2 hari
Turnips (lobak)
Harga benih: 120G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 60G
Waktu tumbuh : 5 hari
Panen : satu kali
Benih kubis
Harga benih: 500 G.
Di mana belinya: Won, siang hari di Inn
Dijual seharga: 250 G per kubis
Toy Flowers
Harga benih: 400G
Di mana belinya : Won, siang hari Inn
Dijual seharga : tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 13 hari
Panen : satu kali

Summer (musim panas)
Corn (jagung)
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 100G
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : setiap tiga hari
Onion (bawang)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 80G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : satu kali
Pineapple (nanas)
Harga benih: 1000G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 100G
Waktu tumbuh : 18 hari
Panen : setiap lima hari
Tomato
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 60G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : setiap 3 hari
Pumpkin (labu kuning)
Harga benih: 500G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : setiap 250G
Waktu tumbuh : 15 hari
Panen : sekali
Pink Cat Flowers
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Won, siang hari di Inn
Dijual seharga : Tidak untuk dijual
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : sekali
Biji Nanas
Harga benih: 1.000 G.
Di mana belinya: Won, siang, di Inn
Dijual seharaga: 500G per nanas

Fall (musim gugur)
Carrot (wortel)
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 120G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : sekali
Dijual seharga : setiap 80G
Waktu tumbuh : 10 hari
Panen : setiap 3 hari
Green Pepper (cabe hijau besar)
Harga benih: 150G
Di mana belinya : Won
Dijual seharga : setiap 40G
Waktu tumbuh : 8 hari
Panen : setiap 2 hari
Spinach (bayam)
Harga benih: 200G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 120G
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : sekali
Sweet Potato
Harga benih: 300G
Di mana belinya : Supermarket
Dijual seharga : setiap 120G
Waktu tumbuh : 6 hari
Panen : setiap 3 hari
Magic Red : 600 G
Harga benih: 10 G
Di mana belinya: Won, siang hari di Inn
Dijual seharga: 200 G (hanya yang merah bisa dijual)

Winter (musim dingin)
Tidak ada panen yang dapat dihasilkan selama musim dingin. Bagaimanapun, jika kamu memiliki rumah kaca (tempat untuk menanam tanaman yang tidak tahan pada musim dingin), kamu bisa menanam benih apapun pada setiap waktu, selama setahun. Supermarket juga hanya menawarkan barang tergantung musim., jadi siapkan persediaan benih-benih selama setahun.
Orange Cup :
Ini hanya dapat tumbuh dalam rumah kaca, pada musim apapun.
Harga benih: 1000G
Di mana belinya : Won, siang hari di Inn.
Dijual seharga: 60 G
Waktu tumbuh : 9 hari
Panen : sekali

Farm Upgrades
House Upgrade Pertama- Tambah dapur, kulkas (untuk menyimpan item makanan), dan lemari (untuk penyimpanan item lain). Setelah ini kamu bisa memasak.
Harga-4700G
Kayu-370
House Upgrade Kedua- Dapur lebih besar, tambah ruang duduk, kamar tidur kedua, dan perapian. Kamu harus punya melakukan ini supaya bisa menikah.
Harga-10000G
Kayu -750
Barn Extention- Supaya bisa memelihara sampai 20 ternak dan menambah tempat pengembangbiakan.
Harga-6800G
Kayu-500
Chicken Coop Extention- Supaya bisa memelihara sampai 10 ayam.
Harga-5000G
Kayu -420
Greenhouse-Rumah Kaca ini letaknya tepat di samping rumah. Kecil ukurannya sekitar 7 x 7. Sangat berguna untuk menanam di musim dingin dan menyemaikan benih, tapi mudah hancur oleh
topan.
Harga-30000G
Kayu-580

Pernikahan
Agar hubungan dengan istrimu baik dan dia tidak meninggalkanmu, kamu harus bersikap baik padanya. Bicara dengannya setiap hari, usahakan pulang ke rumah sebelum dia tidur (10 PM) dan berikan hadiah setiap hari supaya parameter perasaannya (bisa dicek dengan tombol Start atau lihat waktu dia bicara) berwarna merah. Setelah 1 atau 2 musim keadaan baik-baik terus, istrimu akan hamil! Oya, kalau parameter hatinya sedang turun, lebih banyaklah bicara dengannya, kalau perlu beri 2 hadiah sehari.
Kalau pingin istrimu pergi, ya bersikap sebaliknya saja. Berikan padanya weeds dan barang-barang lain yang tidak disukainya terus menerus sampai parameter perasaannya jadi hitam, maka pada suatu pagi ketika kamu bangun ia sudah pergi. Apakah kamu masih bisa memperoleh istri, tergantung usahamu setelah itu.

Perkembangan Anak
Bayi- Ketika bayimu baru dilahirkan, kamu belum bisa menggendongnya, cuma istrimu yang bisa. Bayimu juga akan mempunyai parameter perasaan dan tentu saja kamu akan berusaha membuatnya senang, bukan? Sayang pada tahap ini kamu belum bisa melakukannya karena belum bisa berinteraksi dengan bayimu.
Merangkak- Setelah sekitar setahun, bayimu mulai merangkak. Sekarang kamu bisa menggendong-nya, mengajaknya bicara, dan memberinya hadiah, misalnya hot milk. Oya, di game ini cuma ada 1 jenis kelamin untuk bayimu (mungkin biar gampang bikin programnya). Putramu akan memakai kostum biru.
Berjalan dan Bicara- Tiga musim setelah bayimu mulai merangkak, ia akan mulai berjalan dan bicara. Kata-katanya ngaco semua, lucu deh. Kamu bisa lebih banyak bicara dengannya dan memberinya hadiah barang-barang yang lebih besar. Setelah ini anakmu masih bisa terus tumbuh dan berkembang. Lihat sendiri deh.

Resep Masakah Harvestmoon Back to nature 
Ketika seseorang menawarkan resep pastikan kamu mencatatnya. Kemudian saat karaktermu berada di rumah, buat makanan. Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan memiliki sebuah hidangan yang ditambah pada daftar resep.
Jadi nantinya kamu bisa memasak hidangan itu dengan lebih cepat dan mudah daripada yang kamu ingat.
Cara mendapatkan resep:
Ice cream : beri sebuah telur pada Yodel
Potato Pancakes : berikan bamboo shot pada Gotz
Fries : dalam sebuah botol saat kamu memancing di dermaga
Mixed Juice : berikan Doctor blue medicine plant
“Ohitashi” Greens: berikan Mana sebuah Pink Cat flower
Popcorn: berikan sebuah ear of corn kepada Kai
Pickled Turnips : berikan sebuah ear of corn kepada Saibara
Fruit Latte : berikan sebuah tomat pada Basil
Cheese Fondue : berikan sebuah tomat pada Doug
Pastor’s Afternoon Snack : berikan sebuah telur pada Pastor

Power Berry
Untuk mendapatkannya tidak harus berurut.
Power Berry 1: Menangkan 1001 mdeali dari lomba berkuda, cari Mayor dan tukar medali itu denga Power Berry 1.
Power Berry 2: Memancing di laut, di dermaga sana. (tapi lama)
Power Berry 3: Dalam tambang di dekat Hot Springs. Gali dengan Hoe.
Power Berry 4: Di luar tambang musim dingin, di pojok. (Tekan X.)
Power Berry 5: Di dalam tambang musim dingin.
Power Berry 6: Beli di TV Shopping Network, harganya 5000G.
Power Berry 7: Menangkan Swimming Festival.
Power Berry 8: Coba tebang pohon cedar di Mother’s Hill. Pohon itu akan bicara memintamu untuk tidak memotongnya. Kalau kamu turuti ia akan memberimu power Berry.
Power Berry 9: tanam lebih daripada 90 bunga . Waktu Anna datang katakan padanya ia boleh memetik sebanyak ia mau.
Power Berry 10: Berikan Goddess hasil panen (crops) selama 5 hari berturut-turut dengan cara melemparkannya ke air terjun
Special Berry
Lemparkan 3 cucumber (timun) ke danau di Mother’s Hill sambil berdiri di depan 2 pohon di sebelah kiri danau. Kappa akan memberimu sebuah berry. Berry ini membuat konsumsi energi jadi separuh.

Dimana Letak Ikan legendaris di harvestmoon ?
Sea Bream. Dapatkan pada musim semi, panas, atau gugur. Setelah menjual lebih dari 200 ikan, kamu dapat mengangkap ikan ini di laut.
Squid (cumi): Lempar ikan kecil dari kolammu ke laut sebagai umpan lalu lemparkan fishing pole. Satu umpan berlaku untuk satu hari mancing.
Char: Gunakan tongkat pancing di sungai atau air terjun setelah kamu mendapat resep Sashimi, Grilled Fish dan Sushi. Musim apa saja.
Angler:Saat musim dingin pergilah ke laut dari jam 8-11 malam lalu lemparkan fishing polemu.
Catfish (Ikan Lele): Memancing di kolam bawah tanah (lihat “Watering Can yang selalu penuh”) pada musim dingin. Pakai alat pancing apapun oke.
Carp (Ikan Koi): Saat musim semi atau musim gugur, setelah mendapat 5 ikan legendaris lainnya. Bisa ditangkap di Mother’s Lake (danau dekat jembatan).

Tips & Trik:
Mengontrol cuaca.
Setelah save, periksa cuaca untuk keesokan hari. Kalau ramalan cuma mengatakan stormy (=berbadai atau hujan lebat), bersalju, atau badai salju, ambil diary dan reload game kamu. Periksa cuaca lagi, dan biasanya ramalan cuaca kali ini akan berbeda. Lakukan terus sampai mendapat cuaca yang kamu inginkan.
Cara ini terutama berguna pada saat kamu ingin menghindari badai salju, memindahkan ternak ke dalam atau mengupgrade water can.
Keranjang
Kamu tidak perlu selalu membawa keranjang dalam tasmu, kamu bisa memuatnya dengan melempar isinya dari jarak tertentu (sekitar 3 petak).
Relaxation Tea Leaves (Daun Teh untuk Relaksasi)
Antara jam 2.00 PM-4.00 PM di musim semi kunjungi rumah harvest sprite, berikan hadiah pada semuanya. Sprites akan mengundangmu ke acara minum teh dan kamu akan mendapat daun teh yang berharga itu. Item ini bisa kamu gunakan untuk memenangkan lomba masak.
Dog Ball
Harganya murah dan Won akan menjualnya lagi kalau kamu kehilangan bolamu. Tapi biar lebih hemat jangan main di dalam rumah karena pasti bolamu akan hilang. Dog ball juga akan hilang bila ditaruh di luar rumah beberapa hari. Paling baik simpan dalam lemari.
Tidur
Kamu tidak perlu tidur sebanyak waktu normal. Kamu bisa tetap bekerja dan pulang paling telat 5.50 AM dan bangun 6.00 AM.
Spa-Boiled Egg
Kamu bisa merebus telur di Spa. Caranya letakkan di tempat batu-batu yang seperti masuk ke air. Harga telur-telur ini 30 kali lebih mahal dari pada telur biasa, tapi menurunkan harga Golden Egg.
Watering Can yang selalu penuh
Pada musim dingin, gali tambang di pulau yang ada di tengah danau. Gali sampai ketemu gua di dinding Utara, masuk dan isi watering can dengan air dari kolam di dalam. Setelah itu, watering can kamu akan mempunyai air yang tak terbatas.
Tool Upgrade yang cepat
Guanakan tool sampai 400%, tambang Blue Stone dan bawa Blue Stone itu, uang 5000G dan tool yang ingin di-upgrade ke tukang besi. Dia akan bisa mengupgrade alatmu dengan cepat.
Mendapat lebih banyak bijih tambang
Untuk ini kamu memerlukan Harvest Basket dan Final Rucksack. Bawa Harvest Basker ke tambang, letakkan dan mulai menanmbang. Kamu bisa menyimpan bijih galianmu ke Harvest Basket. Bila sudah penuh, hadapkan ke sebuah bin (tempat penyimpanan) dan tekan Kotak. Kalau capek, kamu tinggal menyegarkan diri di Hot Spring Pool (sekitar 1 jam). Ini juga bisa kamu lakukan pada musim dingin.
Mendapatkan kuda lain
Barley akan meminta kembali kudanya. Tapi asalkan kamu punya padang rumput yang bagus (tanam sekitar 30 Grass), kamu akan mendapatkan kuda baru. Kamu TIDAK bisa mempunyai 2 kuda sekaligus.
Perfume/love potion
Kunjungi pantai beberapa kali semalam musim panas. Pada suatu hari kamu akan menemukan botol berisi surat. Kai akan menanyakan apakah kamu ingin menetap di desa. Jawab Yes, dan ia akan mengganti botol itu dengan parfum
Mining for Dollars
Ketika menggali dalam gua, karaktermu akan secara otomatis mengisi benda-benda ke dalam ranselnya
Apel
Pada musim gugur, buah apel akan berjatuhan dari pohon. Kamu bisa menghasilkan sesuatu dari apapun yang kamu temukan di tanah dan menjualnya, memakannya, menghadiahkannya atau menyimpan dalam kulkas untuk digunakan nanti.
Ellen’s Pie
Suatu saat, Mayor akan memintamu untuk membawakan Neneknya Elli sebuah pie dari Inn. Penuhi perminataannya. Nenek akan menawarkan tip, tapi tolak penawarannya. Elli kemudian akan muncul dan memberikan sepotong pie (yang dapat kamu berikan ke wanita yang kamu suka). Pada hari berikutnya, Mayor akan muncul di ladangmu dan memberikan sebuah kue yang dapat kamu makan.
Cliff Pingsan
Suatu hari, kamu mungkin menemukan Cilff pingsan di tengah salju di Rose Square. Dia memiliki sebuah gambar dalam tangannya. Setelah kamu menolongnya, kamu kembalikan gambar itu padanya. Kalau tidak kamu harus menyimpannya terus padahal tidak jelas gunanya.
Sampah
Ketika memancing, lemparkan sampah yang kamu dapatkan ke dalam tempat sampah yang terdapat dalam town square. Kalau buang sampah sembarangan, kamu bisa dimarahi orang.
Gereja
Bila pernah buang sampah sembarangan atau melakukan kesalahan lain (misalnya iri pada rumah orang lain), kamu bisa melakukan pengakuan dosa di gereja. Tapi efeknya pada permainan tidak jelas.
Bee Knees
Jika kamu menanam bunga, lebah-lebah akan muncul dan membangun sarang di pohon apelmu. Ambil madu dan berikan pada Louis. Dia akan mengonfirmasikan bahwa lebah ini adalah lebah spesial yang dia cari. Ini akan menambah harga yang kamu dapatkan dari penjualan madu.
Orange Cup
Bunga ini hanya bisa ditanam di dalam Green House/Rumah Kaca. Bila ditanam di luar, bunga ini tidak terlihat tapi bisa tumbuh. Sirami setiap hari dan bila sudah cukup besar, kamu tidak akan bisa melangkahi tempat itu biarpun bunganya tak terlihat. Kamu tinggal memetiknya, dan bunga itu akan terlihat di tanganmu.
Kotak Musik
Ada kotak musik tua yang terkubur kira-kira segaris dengan kandang anjing dan pohon. Gali keluar dengan hoe dan sering-sering bicara dengan Rick. Beberapa hari kemudian ia akan membetulkan kotak musik tua itu dengan gratis. Kamu bisa memberikannya kepada gadis yang kamu sukai.
Produk Kualitas Emas
Ternak yang menang dalam lomba akan menghasilkan Gold Milk, Gold Fur, dll tapi setiap tahun dari setiap jenis ternak hanya satu ekor yang bisa menang, bukan? Cara mengakalinya: Buat 2 memory car. Save sehari sebelum festival kemudian pindahkan semua hewan dari jenis yang akan dilombakan, misalnya kuda- kecuali satu ekor yang ingin dilombakan - ke game lain. Setelah menang, tukarkan hewan yang menang ke game yang tidak digunakan dan kembali ke sehari sebelum festival lagi. Ulangi langkah tadi sampai semua hewan menang dan kamu tinggal memindahkan kembali hewan-hewan yang menghasilkan produk kualitas Gold ke permainanmu semula.
Jembatan Rusak
Pada tahun ke-10, ada event amburknya jembatan . Kalau kamu berdiri di tengah jembatan sampai lama sekalli (sampai tiduran), kamu akan mengalaminya. Setelah sadarkan diri, Harris, istri dan anakmu ada disampingmu, mencemaskanmu. Beberapa hari kemudian Gotz memintamu membantu memperbaiki jembatan dengan upah 1000G per hari (5 hari) plus kayu sekitar 200 potong.
Susu Coklat
(Belum dikonfirmasi) Menikah dengan Karen sebelum tahun ketiga dan punya anak sbelum tahun ke-4. Kemudian ambil coklat yang kamu peroleh saat Thanksgiving dan campurkan dalam makanan sapi. Sapi-sapi akan menghasilkan susu coklat yang laku dijual seharga 2000G.
Memancing Terus
Kadang ada festival di dekat perairan, misalnya kembang api, lomba renang, dooking pot, dll. Setelah festival usai dan sudah malam, jangan pulang tapi pergilah memancing. Waktu tidak akan berjalan sehingga kamu bisa memancing sepuas-puasnya.
Batu Kecil
Ingat batu kecil yang kamu hancur-hancurkan di awal game Harvest Moon? Kalau kamu ingin main dari awal lagi, coba gunakan batu itu untuk membuat pagar. Bakalan awet.*


Sumber: http://www.jualcdsoftware.com/2012/01/buku-panduan-harvestmoon-back-to-nature.html

Popular Post

Labels: Game PC, games pc, informasi, Sekedar Info, tips and trick

Thanks for reading Panduan Harvestmoon Back To Nature ( Cara Bermain Harvestmoon ). Please share...!

0 Comment for "Panduan Harvestmoon Back To Nature ( Cara Bermain Harvestmoon )"

Pendownload yang baik itu yang meninggalkan komentar, biarpun itu hanya ucapan " Terima Kasih "

Back To Top